Kembang telang  (Clitoria ternatea), bunganya yang seperti kupu-kupu menarik masyarakat umum memanfaatkannya sebagai tanaman hias. Sebenarnya bunga ini memiliki banyak khasiat

Menurut Peneliti LIPI, Ria Cahyaningsih Peneliti Tumbuhan Obat Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI mengungkapkan, berdasarkan studi literatur, disebutkan Kembang telang ini mengandung senyawa kimia seperti  triterpenoid, glikosida flavonol, antosianin dan steroid.

Secara ilmiah bunga ini telah terbukti ekstrak bunga telang bisa menghambat  pertumbuhan bakteri penyebab sakit mata (konjungtivitis), yaitu Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, dan Bacillus substilis. Konjungtivitis adalah radang di sekitar selaput mata sehingga mata berwarna kemerahan, biasanya menyebabkan mata berair dan terasa gatal.

Selain sebagai obat, kembang telang ini dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam keperluan seperti sebagai pewarna makanan, kue, maupun sebagai bahan dasar pembuatan minuman.

Tanaman ini dapat ditemukan di taman tematik obat kebun raya Bogor. Kembang teleng ditanam di blok I yaitu blok tanaman obat yang berpotensi untuk mengobati sakit kulit dan kelamin serta sakit otot dan tulang. tepatnya dengan alamat XXIV.B.TO.I.

Referensi :

krbogor.lipi.go.id

Share This