Musim Hujan Telah Tiba, Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Biar Tetap Fit

Musim hujan kini telah tiba. Saat musim hujan, biasanya banyak bakteri atau virus yang menyerang tubuh sehingga membuat tubuh terjangkit penyakit, seperti flu, demam, batuk dan lainnya. Sistem kekebalan tubuh yang melemah membuat tubuh mudah terserang penyakit-penyakit tersebut. 

Menurut studi epidemiologi yang dilakukan oleh National Institutes of Health’s Fogarty International Center, ada dua tipe influenza yang dipengaruhi musim, yaitu dingin-kering dan lembab hujan. Kelembaban yang rendah pada musim dingin, membuat daya tahan virus untuk bertahan lebih kuat dan menjadi lebih mudah menular dari satu orang ke lainnya, melalui udara. Kurangnya paparan sinar matahari juga berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk meningkatkan atau memperkuat sistem kekebalan tubuh saat musim hujan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit dan tubuh selalu fit.

Lakukan tips berikut agar tetap dalam keadaan fit :

  1. Tingkatkan konsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya akan vitamin c
  2. Hindari konsumsi makanan cepat saji
  3. Tingkatkan konsumsi air putih 
  4. Tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar
  5. Selalu siapkan payung/mantel/jaket saat berpergian 
  6. Istirahat yang cukup 
  7. Olahraga yang cukup

Hal-hal kecil itulah yang dapat menghindarkan kita dan orang-orang disekitar kita dari berbagai penyakit dimusim hujan. Tidak lupa selalu menjaga daya tahan tubuh untuk selalu dalam kondisi fit. Ayo selalu hidup sehat walau musim hujan menghampiri.


Referensi :

Chowell, G., Echevarría-Zuno, S., Viboud, C., Simonsen, L., Tamerius, J., Miller, M. A., & Borja-Aburto, V. H. 2011. Characterizing the epidemiology of the 2009 influenza A/H1N1 pandemic in Mexico. PLoS medicine8(5), e1000436.

Komentar

  • Kirim Komentar